Perang harga mengancam India

 Toyota mungkin akan memicu hal itu saat meluncurkan Liva  27 Juni mendatang di India. All-New Liva di perkirakan harganya mulai sekitar 400.000 rupee (Rp76,5 juta) hingga yang termahal -dilengkapi airbag dan ABS- dihargai  550.000 – 600.000 Rupee (Rp 105,2 Juta  – 114,7 juta).

Liva diperkenalkan di India, awal tahun ini. Rencananya akan diluncurkan akhir Juni

Ini artinya hatchback buatan Toyota lebih murah dari rival-rivalnya dan memaksa mereka untuk menghitung lagi harga jualnya.  Pasar otomotif India yang volumenya mencapai 2.5 juta ini memang di dominasi segmen ini. Saat ini market leader adalah Maruti dengan Maruti Swift yang dikembangkan bersama Suzuki, disusul Hyundai i20, Volkswagen Polo, Nissan Micra (March), Skoda Fabia dan Fiat Punto. Harganya  mulai dari 430.000 Rupee (Rp83.2 juta) –  800.000 (Rp 153 juta).

Honda juga menyiapkan jagonya, Honda Brio yang akan turun gelanggang tahun ini. Jelas Honda Siel Cars harus berpikir keras menyelaraskan strategi harganya dengan konstelasi yang  berkembang saat ini.  Namun tampaknya Honda akan ikut bermain. Mereka tidak segan-segan memangkas harga.  Buktinya, harga Honda City sudah dipangkas Rp 12 jutaan  untuk menjawab tantangan Hyundai Verna dan Volkswagen Vento.  Honda sudah kehilangan mahkotanya di mid-size segmen yang direbut Vento.  Lebih dramatis lagi, Honda Siel mempertimbangkan pangkas harga harga Honda Jazz pula.

Toyota Liva saat Jakarta, Sabtu (11/6) seperti di foto mobilku.com

Ok… bagaimana di Indonesia?  Sejauh in kecil kemungkinannya. Karena pasar terbesar yaitu MPV Low-end, dikuasai Toyota dan Daihatsu (yang notabene anak perusahaan Toyota), sementara yang lain hanya figuran. Justru di segmen hatchback persaingan mulai ketat. Ada 11 pemain yang bermain termasuk Honda Jazz, Toyota Yaris, Suzuki Swift, Hyundai i10 hingga Mazda2 dan Ford Fiesta.  Sejauh ini para pemain masih menghindari  perang harga. Anda memang tetap membanyar harga di atas Rp 170 juta, namun anda bisa berharap untuk  mendapatkan penawaran layanan dan fitur lebih baik. Di segmen citycar, pemainnya juga banyak dan tidak ada dominan, meskipun saat ini Nissan March terbilang sukses.  Jika Toyota Liva masuk Indonesia, pasar ini pontesial untuk lebih dinamis dan anda sebagai konsumen bisa mendapat posisi tawar yang lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s