India Ladang Baru Toyota

Proyek terbaru Toyota di India, mempersiapkan kelahiran  Lexus. Negara yang selalu disandingkan dengan China sebagai motor pertumbuhan di Asia memang melahirkan orang-orang kaya baru. Segmen mobil mewah tahun lalu tumbuh diatas 70% dan tahun ini diprediksi tetap sehat.

Toyota tidak mau hanya BMW, Mercedes ,Audi , Jaguar dan Land Rover saja yang menikmati kue itu.  “Kami terus melakukan studi dan saat ini sangat mempertimbangkan untuk membawa Lexus ke India,” kata Hiroshi Nakagawa, Managing Director Toyota Kirloskar Motors.

Namun petinggi Toyota Kirloskar belum bicara banyak, terlalu dini katanya.

India kini makin cantik di mata Toyota. 20 puluh tahun lalu, Toyota mengirimkan Kijang dari Indonesia ke sana.  Sepuluh tahun lalu, India masih belum cukup seksi untuk Toyota. Hingga lima tahun lalu saat Toyota menyadari mereka harus masuk ke segmen mobil murah -yang menguasai lebih dari separuh market India-. Hingga akhir dekade lalu, Toyota cuma menguasai sepersepuluh pasar India.  Toyota ingin lebih. Mulailah proyek mobil murah yang kemudian melahirkan Etios dan sebentar lagi Liva. Toyota pun membangun pabrik khusus untuk kedua model itu.  Sambutan pasar melimpah…. Toyota  tersenyum,  karena sudah punya wakil di segmen paling gemuk India.

Tapi Toyota tidak berhenti di sana. “India adalah pasar penting Toyota dan kami mencari lewat banyak cara untuk meningkatkan keberadaan kami  dan menawarkan lebih banyak produk,” kata Sandeep Singh, deputi managing director Kirloskar Motor.

Salah satu cara yang disiapkan adalah membangun jaringan pembiayaan, Toyota Financial Services. Lampu hijau memang belum nyala, tapi produsen otomotif terbesar di dunia ini sudah menuntaskan persiapannya.

Tahun ini Toyota Kirloskar Motor menargetkan penjualan 140,000 unit atau turun 10,000 unit dari rencana semula gara-gara terhambatnya pasokan akibat gempa 11 Maret di Jepang. Selain Etios dan Liva, Toyota juga menjual Innova, Fortuner, Corolla hingga Land Cruiser.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s