Ford tata kembali produksi

Ford Motor Co. Selasa (14/6) mengumumkan rencananya menata kembali produksinya di Eropa termasuk menambah dua model baru yang diproduksi di Valencia, Spanyol dan Focus electric di Saarlouis, Jerman. Minivan B-Max akan diproduksi di Craiova, Romania yang juga akan memproduksi mobil kecil lainnya. Penataan kembali ini akan meningkatkan utilitas dan kapasitas produksi pabrik-pabriknya di Eropa. Ford punya rencana besar di Eropa dengan meluncurkan 20 model yang benar-benar baru maupun facelift dalam tiga tahun ke depan. Diantaranya adalah:

— The next-generation Transit Connect small van dan Kuga SUV yang akan diproduksi di Valencia. Saat ini Transit Connect diproduksi di Kocaeli, Turki, dan Kuga di Saarlouis.

— The next-generation Focus akan diproduksi di Saarlouis, bersama dengan redesigned Focus, serta Focus Electric mulai 2012.

— The next-generation Fiesta nantinya akan diproduksi di Cologne, Jerman, yang juga akan memproduksi facelifted Fiesta (mulai tahun depan). Pabrik mesin Cologne akan memproduksi mesin baru 1.0-liter three-cylinder EcoBoost yang sangat irit mulai akhir tahun ini. — Pabrik di Craiova akan memproduksi B-Max mulai awal 2012 dan selanjutnya akan memproduksi B-segment model kedua di masa depan. Pabrik ini juga akan memproduksi mesin baru 1.0-liter EcoBoost mulai awal tahun depan 2012. — Pabrik Kocaeli akan memproduksi kendaraan niaga ringan baru selain the next-generation Transit dan memberi dukungan enginering ke next-generation Transit Connect yang akan diproduksi Spanyol.

— Pabrik Ford di Southampton, England, akan memproduksi sasis untuk the next-generation Ford Transit.

Sementara untuk kawasan Asia Pasifik Ford akan menambah 10 model baru di China, dan lima model di India hingga pertengahan dekade ini.

Meskipun menunjukkan pertumbuhan yang sehat, Ford masih tertinggal dari rival-rivalnya di Asia. Penjualan Ford di India naik 2 kali lipat tahun lalu berkat Figo, namun Ford baru mengontrol 3% pasar. Di China Ford baru menguasai 2.7% pasar, jauh dibandingkan GM,14%.

Di Indonesia, kehadiran Fiesta juga membuat penjualan Ford meningkat signfikan, namun secara total masih kecil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s