Setelah Ford, GM juga siapkan mesin 1.0 liter

Dalam hitungan minggu,  Ford dan General Motors mengumumkan rencana mereka untuk mengembangkan dan memproduksi  transmisi 8-speed  dan mesin bensin 1.0 liter.  GM akan memproduksi mesin kecil dan transmisi matik 8-speed dengan investasi  yang termasuk bagian dari rencana gelontoran dana $ 2 miliar untk 17 fasilitas di Amerika Serikat.  Pabrik GM di Bedford, Indiana akan memproduksi komponen  transmisi 8-speed baru  dan mesin kecil.

Chrysler sudah lebih dulu. Setahun lalu,  Pentastar umumkan rencananya memproduksi transmisi matik 8-speed dengan lisensi  di pabrik Kokomo, Indiana, mulai  2013.

Tidak seperti Ford yang mau sedikit buka-bukaan tentang mesin tiga silinder EcoBoost –nya, GM masih menutup rapat kecuali satu hal , mesin nya nanti berkapasitas 1.0 liter dan 1.5 liter. GM menekankan  mesin-mesin itu    “menjadi pemimpin dalam fuel economy di segmen mesin empat silinder.”

Namun ada petunjuk awal yang berharga. Mesin yang terbungkus mobil konsep Cadillac Urban Luxury. Mobil  ini dipamerkan di 2010 Los Angeles Motor Show.  Mesinnya tiga silinder 1.0 liter dengan idle-stop, regenerative braking, dual-clutch transmission dan electric assist.

Sebagai tambahan, GM mulai memproduksi mesin 1.0 liter  tiga silinder turbo diesel di India  mulai bulan ini.  Mesin ini dikembangkan GM di Italia untuk pasar India.

Sebenarnya ini bukan kali pertama GM pakai mesin kecil.  Dalam sejarahnya GM pakai mesin tiga silinder pertamakali 1996 di Opel –saat itu masih dibawah GM- . Lalu antara 1998 – 2004 GM Daewoo(sekarang GM Korea) mengembangkan mesin tiga silinder 800cc bersama Suzuki yang dipakai di Daewoo Matiz dan Suzuki Alto.

Proses perakitan transmisi automatic di pabrik Toledo, Ohio

GM mengalokasikan $409 juta  untuk membeli peralatan dan perlengkapan pabrik Bedford yang akan memproduksi komponen transmisi dan mesin. Pabrik transmisi di Toledo, Ohio akan merakit transmisi dan menerima investasi $204 juta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s