Kenapa Fiesta Celebration (lagi)

Fiesta Celebration  kedua. Mengapa harus ada yang kedua? Karena yang pertama sukses. Ukuran suksesnya seperti diungkapkan Vice President FMI,  Bagus  Susanto dan Marketing Director, Gumgum Priyadi setidaknya ada tiga  indicator:

  1. Penjualan kumulatif  dalam tujuh bulang (November 2010 – Mei 2011) mencapai 3.674 unit
  2. Berhasil mencapai rangking 2 di segmennya (B-Car) pada Maret dan April 2011 berdasarkan data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia).  Masing-masing menguasai  15 dan 14 persen market share. Meskipun pencapaian ini diwarnai skeptisme karena produsen Jepang, khususnya Honda mengalami masalah pasokan. Dalam tujuh bulan itu, Fiesta jtiga kali di rangking 3. “Di daerah tertentu, Fiesta nomer satu,” kata Bagus, tanpa menyebut daerahnya.
  3. Pesanan yang terus menguat dengan grafik terus naik. Pada April, perminggu FMI menerima pesanan 180 unit dan terus naik. Fiesta Celebration part 1 memberi kontribusi besar terhadap kenaikan ini.

Fiesta Celebration pertama dilaksanakan 18 April 2011- 8 Mei 2011 di 22 kota.

Terlepas dari itu, ini menunjukkan persaingan yang sangat ketat di segmen ini (ada 11 pemain),  butuh pendekatan-pendekatan tidak biasa.  Daripada menunggu konsumen datang ke showroom,  FMI memilih membawa Fiesta ke hadapan konsumen lewat pameran di mall.  Salut untuk tim dari FMI yang bisa dengan cepat mengubah cara bisnis mereka dari sebelumnya hanya berhubungan dengan pembeli fleet (Ford Ranger) ke pembeli retail (Ford Fiesta) yang butuh pendekatan sangat berbeda. Pengalaman yang didapat dari Ford Focus, Escape  menjadi pelajaran berharga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s