Muscle Car Lebih Laris dari Hybrid, kenapa?


Muscle car Amerika lebih laris dari mobil hybrid selama Mei 2011. Menarik, karena harga bensin juga sedang tinggi.  Mengapa?

2012 Chevrolet Corvette

Total penjualan mobil hybrid yang irit bensin  seperti Toyota Prius, Ford Escape Hybrid, Chevrolet Volt dan banyak lainnya mencapai 17.852 unit. Sementara muscle car seperti Chevrolet Corvette, Ford Mustang dan Dodge Challenger mencapai 19.476 unit.

Bagaimana mungkin? Dengan harga bensin selangit, kondisi ekonomi yang belum pulih sepenuhnya, mereka bisa membeli mobil yang operasional jauh lebih mahal dari mobil hybrid?

Bila membayangkan muscle era 60-an atau 70-an, tidak salah bila anda berpikir seperti itu. Saat itu mobil-mobil ini rakus banget.  Saking rakusnya, sampai  nyaris membunuhnya saat harga bensin tiba-tiba melonjak paska perang Arab-Israel 1973.

Dodge Challenger antar generasi

Namun The Big Three bekerja keras untuk membuat pony car  (disebut pony karena ukurannya yang kompak jika dibandingkan sedan full size era 60-an)mereka itu lebih efisien.  Efisiensi  muscle car modern mencapai level yang tidak pernah terbayangkan oleh nenek moyangnya 40 tahun lalu.  Mesin-mesin modern itu mampu mencapai rentang efisiensi 30mpg (12,7km/liter), beberapa kali lipat dari nenek moyang mereka, sementara produksi dayanya bisa lebih besar.  2012 Chevrolet Camaro  yang menawarkan produksi daya 323hp, 400hp, dan 426hp tergantung tipe.  2012 Ford Mustang 305hp , 412hp, 444hp, dan 550hp.  2012 Dodge Challenger 305hp, 372hp, 375hp, dan 470hp.

2012 Ford Mustang

Lebih dari itu, mobil-mobil ini menawarkan gairah, kenikmatan, semangat, gengsi yang tidak bisa diperoleh dari mobil hybrid.  Tidak seirit Prius yang bisa lebih dari 20km/liter namun enteng aja diajak melesat kencang, meliuk menari di jalanan berliku, atau membakar roda belakang saat drifting.  Ah…. Kenikmatan yang hanya bisa dirasakan dibelakang kemudi sports car…

****

Angka-angka itu belum bisa dikatakan telah terjadi pergeseran minat konsumen. Bisa jadi rendahnya penjualan hybrid karena pasokan hybrid terkendala. Karena sebagaian besar mobil hybrid diproduksi di Jepang. Sementara Jepang sendiri belum pulih sepenuhnya pulih.  Hybrid menawarkan efisiensi, pengendaraan yang tenang dan citra.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s