Yang Nissan Juke Punya, Rivalnya Tidak (2)

Pekan terakhir Mei  2011, IIHS  (Insurance Institute for Highway Safety ) mengumumkan model-model yang  berhak  mendapat penghargaan Top Safety Picks. Salah satunya Nissan Juke.   Top Safety Pick adalah penghargaan tertinggi yang bisa diperoleh sebuah model  dari uji tabrak yang di selenggarakan lembaga nirlaba asal Amerika itu.

Untuk menyandang Top Safety Pick, model tersebut harus mendapat nilai “Good” (tertinggi) pada uji tabrak depan, tabrak samping, tabrak belakang dan rollover test plus dilengkapi electronic stability program sebagai fitur standar.   Nilai “Good” merefleksikan kemampuan  struktur mobil melindungi penumpangnya sehingga saat benturan, penumpang bisa keluar mobil tanpa cidera berarti.

offset frontal crash di kecepatan 64km/jam. Benturan merusak bagian depan, kompartemen penumpang aman

Mendapat nilai tertinggi untuk satu jenis uji saja butuh effort lebih . Apalagi ini top safety pick. Tak urung, pencapaian ini di sambut gembira oleh Nissan di Amerika Serikat.

Jadi Nissan Juke yang di pasarkan di Indonesia juga sangat aman? Tunggu dulu….

Nissan Juke yang dipasarkan di Amerika Serikat dilengkapi dengan Nissan Advanced Airbag System  (AABS) di kursi depan dan pengemudi. Menurut keterangan Nissan, ini airbag canggih. Ada sensor yang bisa mengetahui siapa yang duduk di kursi penumpang  (anak-anak atau dewasa),  ada sensor yang bisa mengukur besarnya kekuatan benturan  yang dipakai untuk menentukan seberapa besar kekuatan daya letup airbag. Semua teknologi  itu dipasang untuk melindungi penumampang dari cidera akibat benturan dari luar, sekaligus dari cidera akibat airbag itu sendiri.

Ditambah lagi curtain airbag yang dipasang di atas kaca samping kanan kiri dan side airbag  untuk kursi depan dan belakang.  Kedua jenis airbag ini melindungi dari benturan samping.  Kursi depan juga dilengkapi dengan Active Head Restraints  yang melindungi leher penumpang dari cidera akibat benturan dari belakang.

Bagaimana di Indonesia? Nissan Motor Indonesia mengumumkan bahwa Nissan Juke sudah dilengkapi Airbag untuk penumpang depan dan pengemudi. Tapi  ini jenis airbag biasa. Airbag ini memberi perlindungan maksimal khususnya untuk penumpang dewasa.  Airbag ini tidak didisain untuk anak-anak. (Jadi taruh anak-anak di kursi belakang).  Kenapa bukan yang canggih itu? Soal harga mungkin faktornya.  Keduanya sama-sama memberi perlindungan terbaik pada saat benturan. Bedannya AABS mampu mengurangi resiko akibat cidera oleh airbag itu sendiri. Cidera  dada kadang-kadang terjadi pada anak-anak atau manula yang tidak cukup kuat menerima hentakan.

Setiap Juke juga dilengkapi seatbelt . Jangan lupa, fitur passive safety paling jitu di setiap mobil ya.. seatbelt ini.

Sekarang kita lihat fitus active safetynya.  Nissan Juke di Amerika sudah dilengkapi dengan Vehicle Dynamic Control (VDC) dan Traction Control System (TCS). Fitur-fitur ini membantu pengemudi menghadapi situasi sulit dan genting saat menikung terlalu cepat atau diatas permukaan jalan licin.  Fitur seperti ini memang sangat dibutuhkan di sono karena kualitas jalan memungkinkan mobil dikebut dan juga cuaca empat musim  yang menyebabkan jalan jadi licin.

Juke di Indonesia dilengkapi dengan ABS, EBD dan BA yang bekerjasama memberi peforma pengereman terbaik.  ABS mencegah rem mengunci saat saat darurat sehingga roda tidak selip dan mobil masih bisa dikendalikan.  EBD mendistribusikan tenaga pengereman secara optimal ke semua roda sehingga jarak pengereman lebih pendek. Dan BA membantu mengeluarkan semua kekuatan rem saat darurat.  Saya pikir kombinasi tiga fitur ini sudah cukup untuk kebutuhan di Indonesia.

Kesimpulannya, Juke punya potensi besar untuk member perlindungan maksimal. Stuktur nya cukup kuat untuk melindungi  penumpangnya.  Tapi dia tidak dilengkapi dengan fitur-fitur penunjang yang membuat perlindungannya paripurna.

Sejauh pengetahuan saya, saat ini di Indonesia  belum ada SUV/Crossover di kelas 1.5 liter yang mendapat Top Safety Pick.   Di Eropa, Nissan Juke juga mendapat bintang lima, tertinggi dari Euro NCAP (New Car Assesment Program).

Uji tabrak samping mengukur kekuatan struktur menahan intrusi

Bagaimana yang lain?   Toyota Rush/Daihatsu Terios mendapat bintang enam, tertinggi dari  Japan NCAP (New Car Assesment Program). Juga mendapat bintang empat dari EuroNCAP untuk adult protection. Suzuki SX juga dapat bintang empat dari EuroNCAP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s