Yang Nissan Juke punya, rivalnya tidak

Satu bulan setelah produksi Nissan Juke dimulai di Indonesia, Nissan Motor Indonesia (NMI) secara resmi melepasnya ke pasar nasional, Rabu (1/7). Nissan Juke diproyeksi jadi salah satu model terpenting NMI. Targetnya, 1000 unit perbulan.

Apa yang membuat mereka optimis? Jelas Juke sangat menarik. Disainnya unik dan target konsumennya jelas, anak-anak muda kota besar.  Harganya juga atraktif, mulai Rp 238.8 juta on the road Jakarta.  Juke juga punya karakter, sesuatu yang belum diperhatikan produsen SUV/Crossover di kelas 1.5 liter. Dia juga kaya fitur dan teknologi maju. Disisi lain, Juke tidak memberi ruang interior selapang SUV/MPV dikelasnya. Demikian pula ruang bagasi, tidak luas.

Salah satu yang dibanggakan adalah I-CON (Integrated Control System). I-CON berperan sebagai pusat kendali untuk AC dan drive selector. Disainnya menarik dan dieksekusi secara cerdas.  Meskipun menggendalikan dua fungsi berbeda, namun I-CON irit tombol. satu tombol mempunyai dua fungsi. Masing-masing untuk kendali AC dan Drive Selector.  Tombol-tombol itu mengapit layar display berwarna yang sangat komunikatif.

Yang paling menarik dari I-CON adalah drive selector. Pengemudi bisa memilih tiga opsi berbeda yaitu,  Eco – hemat tapi lambat, Normal- pas untuk sehari-hari, Sport- ini yang paling menyenangkan, Juke bergerak dengan tenaga penuh, sangat hidup, tentu saja bensin mengucur lebih deras. Tapi jangan bayangkan sebuah coupe sekelas GT-R 🙂 . Ini tetap kendaraan bermesin 1.5 liter. Yang bisa dinikmati adalah akselerasi lebih baik, suspensi lebih kaku dan transmisi yang mau menahan diri lebih lama untuk mendapatkan akselerasi.

Fitur ini tidak banyak di kelasnya yaitu dibawah Rp 300 juta.   Fitur seperti ini lebih banyak ditemukan di sports car atau mobil premium yang harganya beberapa kali lipat lebih mahal.  Lihat saja di BMW Z4 terbaru yang bisa memilih normal, sport dan sport + . Fungsinya juga sama. mengubah setting transmisi, engine dan engine. Di Mercedes-Benz E63AMG settingnya lebih banyak lagi, ada Race,  Comfort, Normal, Sport dan Sport+.  Ada lagi di BMW 730Li.

Tapi sekali lagi jangan over-estimated. I-CON tidak sehebat yang ditawarkan mobil-mobil premium itu.  Di mobil-mobil premium itu perbedaan antar setting itu sangat terasa dan benar-benar mengubah karakter. I-CON tidak sejauh itu.  Seperti yang terungkap dari presentasi Nissan Juke di Stones, Kuta Bali, terlihat perbedaan daya/torsi terjadi di putaran bawah hingga menengah.

Toshiyuki Shiga, COO Nissan Motor Co. optimis Juke sukses. “Juke dipasarkan di banyak wilayah. Di Amerika, Eropa dan Jepang, Juke booming. Saya yakin di Indonesia juga begitu,” katanya menjawab media di Djakarta Theatre disela-sela peluncuran crossover ini. Takayuki Kimura, presiden direktur NMI juga optimis bisa menjual 1000 unit perbulan.  Peran Juke akan menentukan laju NMI mengejar target 60,000 unit total sales tahun ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s