Toyota pulih lebih cepat, inden lebih cepat cair

Toyota Motor Corp. (TMC) kembali mengumumkan progres pemulihan produksinya paska gempa dan tsunami 11 Maret lalu. Diperkirakan produksi di Jepang bisa kembali ke level normal lebih cepat dari yang diperkirakan semula.Perkiraan TMC, awal Juni sudah recover 90% dari level sebelum gempa.
Ini proses yang cepat. Bayangkan betapa cepat pemulihan itu jika kehancuran d dalam rantai produksi menyebabkan produksi Toyota turun hingga 75% di bulan April 2011.Cepatnya TMC memulihkan produksinya tidak lepas dari usaha keras perusahaan dan para pemasoknya.

“Kunci dari ini semua adalah kerja keras yang sangat-sangat berdedikasi dari para pemasok kami untuk memulihkan kondisinya,” demikian pernyataan Toyota. “Setelah gempa, kami menghadapi kesulitan memenuhi pasokan hampir 500 jenis komponen. Sejak saat itu jumlah itu menurun hingga saat ini sekitar 30 jenis saja atau bahkan kurang dari itu.”

Kerja TMC masih belum selesai. Mereka harus memulihkan kondisi ke 100% dan membereskan dampak yang dialami pabrik-pabrik mereka di luar Jepang.

“Bangsa Jepang memang luarbiasa, mereka punya prioritas untuk memulihkan kondisi. Lihat saja, hanya dalam hitungan hari, jalan-jalan yang rusak bisa difungsikan kembali. Begitu transportasi pulih, proses rekoveri industri mereka bisa lebih cepat,” kata Gunadi Sinduwinata, tokoh otomotif nasional disela-sela peluncuran Nissan Juke di Djakarta Theater, (1/7), kawasan Sarinah Thamrin.

Gempa itu memang tidak hanya menghantam Toyota. Dua rival utamanya, Nissan dan Honda juga terpukul keras.  Dampaknya ke Indonesia juga terasa.  Daftar tunggu makin panjang. Karena -meskipun sedikit- masih ada komponen yang hanya bisa diperoleh dari Jepang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s