Pickup paling aman

Toyota Tundra dan Ford F-150  jadi hanya dua full-size pickup yang berhasil mendapat nilai tertinggi dari uji kekuatan atap pickup yang dilakukan Insurance Institute for Highway Safety. Uji kekuatan atap berfungsi untuk mengetahui kinerja atap untuk melindungi penumpangnya bila kendaraannay terguling. Uji dilakukan dengan menekan atap pada sudut tertentu dengan beban beberapa kali lipat berat kendaraan.

Nilai tertinggi untuk kekuatan atap atau “Good” melengkapi hasil uji lain yang telah dilakukan IIHS kepada Toyota Tundra dan Ford F-150 , yaitu uji tabrak depan, samping dan belakang. Hasil uji tabrak itu semuanya “Good”. Karena itu, Toyota Tundra berhak mendapat penghargaan Top Safety Pick yang sangat prestesius. Masih ada lagi, Toyota Tundra juga dilengkapi dengan electronic stability control sebagai fitur standar. Fitur ini bertugas mengawal mobil agar tidak mengalami oversteer atau understeer.

Selain Toyota Tundra,  Ford F-150 juga mendapat Top Safety Pick.  Pickup lainnya yang diuji adalah Nissan Titan (“Acceptable”), sementara Chevrolet Silverado, GMC Sierra dan Dodge Ram mendapat “Marginal”.

IIHS menekan plat logam pada salah satu sudut atap  dengan kecepatan konstan untuk mengukur kekuatan atap. Atap harus mampu menahan beban hingga empat kali lipat berat mobil sebelum penyoknya mencapai 13cm agar bisa mendapat nilai “Good”.Toyota Tundra bisa bertahan hingga beban 4.5 kali beratnya sebelum penyok hingga 13cm.  Toyota Ford F-!50 bisa menahan 4.7 kali beban. Ini menunjukkan kerja keras Ford merancang ulang struktur atap pickup palingl laris di Amerika Serikat ini sukses.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s