Isi ulang tanpa kabel

WiTriCity menawarkan teknologi baru yang sulit di tolak pabrik mobil besar seperti Toyota. mereka punya teknologi untuk recharge listrik tanpa kabel. Ya benar, tanpa kabel.

Sekarang perusahaan yang punya kaitan dengan MIT itu sudah bisa mengirim listrik lewat udara untuk recharge ponsel, laptop, TV, konsol game dll. Kini mereka ingin melakukan hal serupa untuk mobil.

Gayung bersambut. Toyota bersedia investasi dan mengembangkan teknologi ini untuk mobil listrik ataupun plug-in hybrid. Tidak disebutkan berapa investasi pabrik mobil terbesar di dunia ini. Deal dicapai akhir April.

Seperti apa sebenarnya teknologi ini. Namanya Resonance Wireless.  WiTricity menggunakan apa yang disebut Highly Coupled Magnetic Resonance.

Charger tetap kontak langsung dengan listrik. Charger ini dilengkapi dengan magnetic resonator yang membangkitkan magnetic near field. Yang disebut terakhir ini adalah kuli angkut listrik. Dia yang membawa energi listrik melintasi udara, menembus tembok menuju alamat-nya masing-masing. Jadi di mobil atau gadget sudah dipasangi receiver/penerima gelombang yang bertugas sebagai perusahaan bongkar muat dan menyimpan listrik ke baterai.

Bagaimana orang atau benda lainnya disekitarnya? bisa ke setrum dong kalau di lewati?  Gelombang ini punya frekuensi tertentu. Sepanjang frekuensinya ngak sama, ya ngak ada efek apapun. Seperti gelombang radio, kalau frekuensinya ngak pas, receiver tidak bisa menangkap musik yang dipancarkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s