Isi ulang tanpa kabel 2

Recharge nir kabel ini mulai hot.  Selain WiTricity, ada pula PowerMat yang menawarkan teknologi electromagnetic-induction. Teknologi ini sama-sama ngecas gadget tanpa kabel. Gadget cukup ditaruh di alas khusus. Namun alas itu tetap harus dihubungkan ke sumber listrik dengan kabel.

Januari 2010 GM memasang teknologi PowerMat di Chevrolet Volt. Kalau ponsel low batt, tinggal taruh di dashboard, proses recharge langsung beraksi. Namun teknologi ini tidak bisa untuk mobil.

Untuk mobil, Delphi -vendor utama GM- memilih pake teknologi WiTricity. September tahun lalu, Delphi memamerkan charger dengan teknologi nir kabel. Delphi juga bikin charger untuk mobil yang pakae kabel.

Teknologi WiTricity bisa mengirim 3.3kW listrik setara dengan charger mobil level 2. Efisiensinya di klaim bisa 90% atau hanya 10 % yang hilang di perjalanan. itupuna baru skala Lab. Untuk capai efisiensi itu di mobil, menurut WiTricity perlua ruang yang dirancang khusus.

Rivalnya, Evatran tahun lalu sudah mengumumkan teknologi nirkabelnya efisiensinya 80%. Mereka sibuk kejar 90%. Nissan juga sibuk  mengembangkan teknologi ini untuk mobil listriknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s