Mesin Audi A8L vs Rival

Jantung mekanis Audi A8L adalah mesin V6 berkapasitas 3.0 liter TSFI yang diperkuat supercharger dan pasokan bensin dikelola injector.

Dengan seabreg teknologi itu bisa dipompa keluar tenaga maksimal hingga 290 hp dan torsi 420Nm. Saya tidak tahu rasio tenaga dengan berat mobil serta akselerasinya karena lupa menanyakan kepada Garuda Mataram Motor, anak perusahaan Indomobil Group yang menjadi agen tunggal Audi di sini. Karena Audi A8 adalah fullsize sedan dengan panjang hampir 5.3m dan Audi punya varian mesin V8 4.2 liter.

Mestinya Audi sudah berhitung soal tenaga itu. Lagian mau dipakai dimana mobil dengan cc gede, jika kota-kota besar di indonesia lalulintasnya macet sementara jalan antar kotanya keriting.

Jika dibanding mesin sekelas buatan BMW yaitu mesin 3.0 enam silinder segaris dengan TwinPower turbo, output daya BMW lebih besar, 306hp namun torsinya kalah yaitu 400Nm. Mesin ini jadi flagship di Seri 5 terbaru (F10) saat diluncurkan di Plaza Senayan tahun lalu. Model termahal BMW X3 terbaru juga pakai mesin ini.

Baik Audi maupun BMW sudah menyematkan teknologi brake energi regeneratif, atau memanfaatkan energi pengereman yang sebelumnya terbuang percuma. Caranya dengan pakai alternator canggih. Jika mesin biasa alternator terpasang terus ke mesin sehingga mengurangi daya yang dikirim ke gearbox, dimesin baru itu tidak begitu. Alternator on hanya saat mobil direm atau deselerasi atau diturunan. Saat akselerasi alternator tidak mengkorup daya sehingga 100% daya mesin bisa dialurkan ke gearbox untuk jadi gaya gerak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s