Nissan Leaf intip Asean

Nissan memajang mobil listriknya, Nissan Leaf di 32nd Bangkok International Motor Show yang berlangsung pekan ini. Nissan Leaf menjadi salah satu bintang anjungan Nissan.

Nissan saat ini sedang berupaya memasarkan mobil listrik ini di Thailand dan berharap pemerintah setempat memberi insentif pajak.

Namun Nissan Leaf bukan yang pertama. Mitsubishi sudah lebih dulu dengan meluncurkan i-MiEV setelah menyelesaikan fleet testing di Thailand. I-MiEV juga jadi mobil listrik pertama di Indonesia yang bisa dijual bebas karena sudah menerima plat hitam.

Toru Hasegawa, President Nissan Motor Thailand tidak menyebutkan secara eksplisit insetif pajak yang di inginkan. Pria yang pernah menjadi president direktur Nissan Motor Indonesia ini hanya meminta pemerintah memberi insentif lebih baik atau setidaknya sama dengan negara-negara tetangga di Asean. “Agar Thailand menjadi pusat perkembangan inovasi otomotif,” harapnya.

Nissan Leaf saat ini sudah dipasarkan di Jepang (2.98 juta yen), USA ($25,280)dan di Inggris. Harga-harga itu sudah termasuk insentif pemerintah.

Nissan Leaf menggunakan baterai Li-ion yang bisa menempuh jarak 200km dengan baterai penuh. Butuh waktu delapan jam untuk mengisi penuh baterai. Dengan quick-charge selama 30 menit, Leaf bisa menempuh maksimal 160km, demikian Nissan.

Nissan adalah produsen otomotif pertama yang memproduksi eco-car yaitu Nissan March yang juga di pasarkan di Indonesia.

Di Bangkok International Motor Show, Nissan juga memajang varian Nissan March dengan konsep pure drive yang menekankan pada pada konservasi lingkungan hidup. Nissan March ini mengemisikan lebih sedikit polutan CO2.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s