Rekor dunia Mazda Miata 

Sosok mungil, pretasi brilian. Julukan itu pantas diberukan pasa roadster Mazda Miata MX-5 yang mencata rekor penjualam 900,000 unit sejak diluncurkan 1989. Dari jumlah itu, 45% atau lebih dari 388,000 unit terjual di Amerika Serikat.

Pencapaian ini sekaligus menegaskan posisinya sebagai sports car paling laris di dunia. Mazda Miata ke 900,000 berwarna Cooper Red dengan soft-top, bertransmisi manual dan dikirim ke pembelinya di Jerman.

Sejak diluncurkan di Chicago Auto Show lebih dari dua dekade lalu, Miata beberapakali terpilih sebagai “Car of the Year” disejumlah negara dan “Best Sports Car” tak terhitung lagi.

Miata diciptakan sebagai sports car sejati, dinamis dan membuat pengemudi gembira, seperti apapun perjalanannya. Dan itu semua diperoleh dengan harga yang masih dalam jangkauan.

“Seiring tujuan kami untuk mencapai tonggak produksi baru yaitu 1 juta unit, Mazda berkomitmen untuk terus menyempurnakan MX-5,” kata Seita Kanai, senior managing executive officer, research and development, Mazda Motor Corp. “Kami akan menyempurnakan karakter fun-to-drive sekaligus meningkatkan kapabilitasnya dalam hal safety dan lingkungan”. Mazda, katanya juga akan menjadikan Miata sebagai simbol brand.

Generasi pertama (1990-1997)menggunakan mesin 1.6 liter empat sikinder yang bisa memproduksi daya maksimal 116 hp dan torsi 10bft. Atap keras yang bisa dilepas jadi optional. Pilihan warnanya hanya tiga; merah, putih dan biru. Harganya mulai dari $14,000.

Generasi kedua diluncurkan di Tokyo Motor Show 1997 dan generasi ketiga debut 2005 Geneva International Motor Show (2006-sekarang).

Saat ini dilengkapi dengan mesin seri MZR 2.0 liter emapt silinder segaris yang memproduksi daya maksimal 167 hp (158hp untuk automatic transmission) dan mengalirkan torsi 140 lb-ft. Versi soft-top harganya mulai $23,110. Yang paling mahal, dengan Power Retractable Hard Top Grand Touring harganya$28,550.

Mazda Miata ke 500,000 diproduksi tahun 1999 dan di jual ke pembelinya dan dimiliki pecintanya di Amerika Serikat. Tahun 2000, Guinness World Records mengakui MX-5 sebgagai the world’s top-selling sports car. Sejak itu, posisi puncak itu belum tergeser hingga sekarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s