Prius setelah 360,000km

Tidak ada yang meragukan lagi, Toyota Prius adalah hybrid paling digemari di Amerika Serikat. Sejak diluncurkan di Negeri Paman Sam itu tahun 2000, tidak ada satupun mobil hybrid lain yang bisa menggantikan posisinya sebagai hybrid nomer satu.

Tidak kurang dari 900,000 unit Prius telah melayani keluarga-keluarga di Amerika Serikat sejak diluncurkan hingga saat ini. Dan Consumer Reports ingin mengetahui bagaimana kinerja mobil hybrid nomer satu di dunia ini setelah 10 tahun.

Dengan masa pakai 10 tahun orang banyak yang bertanya-tanya bagaimana kinerja sistem hybrid setelah dipakai selama itu. Apalagi diperkirakan sudah ada beberapa yang jarak tempuh sudah mencapai 360.000km. Apa jadinya dengan mobil hybrid setelah menempuh jarak sejauh itu? Bagaimana dengan efisiensinya? Seberapa besar pengaruhnya terhadap peformanya?

Majalah konsumen paling penting dan dipercaya di Amerika Serikat, Consumer Reports mencoba mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu. Dengan menggunakan Prius yang sudah menempuh jarak 360,000km, Consumer Report melakukan uji efisiensi bahan bakar standar. Uji ini biasanya dilakukan pada mobil-mobil baru, termasuk ketika Toyota mulai memasarkan Prius tahun 2000. Saat itu, Prius tercatat memiliki efisiensi 40.6mpg (17.26km/liter). Dengan metode yang sama, Consumer Report menguji Prius yang sudah 10 tahun terus menerus dipakai dan hasilnya, efisiensi bahan bakarnya nyaris tidak berubah yaitu 40.4mpg (17.17km/liter).

Bagaimana dengan akselerasinya? Ternyata sepuluh tahun beroperasi tidak banyak mempengaruhi kinerjanya. Untuk mencapai kecepatan 60mph dari diam hanya berselesih 0.5 detik dengan angka yang dicapai Prius baru tahun 2000.

Catatan Consumer Report saat Prius diperkenalkan, teknologi hybrid masih baru dikenal masyarakat dan umur baterai jadi perhatian utama. Toyota mengatakan, baterai didisain untuk bertahan lama. Saat ini harga penggantian baterai telah turun ribuan dollar sejak Prius diperkenalkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s