Mobil hidrogen Toyota bertugas di Bandara Narita

Sudah lama Toyota menciptakan mobil berbahan bakar hidrogen. Lewat teknologi fuel cell yang memanen energi listrik dari reaksi kimia Hidrogen dan Oksigen, Toyota bisa menghasilkan mobil yang memiliki jarak jelajah lebih jauh dari mobil listrik biasa dengan emisi hanya uap air.

Namun Toyota belum puas. Untuk memastikan konsumennya kelak mendapatkan mobil terbaik, Toyota terus malakukan uji coba. Saat ini Toyota melakukan uji coba di Bandara Narita Tokyo. Bandara Narita dipilih juga untuk menunjukkan bahwa mobil-mobil berteknologi fuel cell sudah bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Maskapai All Nippon Airways akan menggunakan mobil-mobil hidrogen Toyota itu sebagai service car bagi penumpang yang baru dari Eropa atau USA. Sebelumnya, Toyota sudah menyediakan fuel cell hybrid yang dipakai di jalur komersial antara pusat kota Tokyo ke Tokyo International Airport sejak Desember 2010.

Toyota akan mengumpulkan dan memanfaatkan data yang diperolah dari operasional kendaraan ini, termasuk bagaiamana saat dipakai di jalan tol. Saat ini, kendaraan hidorgen Toyota bisa beroperasi di temperature hingga -30 derajad Celcius. Ini pencapaian luarbiasa karena biasanya mobil hidrogen tidak bisa beroperasi di bawah 0 derajad Celcius. Jarak tempuh dengan satu tangki hidrogen bisa mencapai 830km.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s