GM China geser USA

Untuk pertamakalai dalam 102 tahun sejarah General Motors, mereka menjual mobil lebih banyak diluar Amerika Serikat, pasar domestiknya. Penjualan di China naik 29% tahun dibandingkan 6.3% di Amerika Serikat. Ini yang menjadikan GM China jadi yang terbesar dan terpenting di dunia.

Ketika masyarakat China makin makmur dengan kelas menengah bertambah banyak, Buick dan beberapa merk GM lain menjadi simbol kemapanan dan kemakmuran masyarakat China. Tahun 2010, GM Menjual 8.39 juta unit dan China saja 2.35 juta unit.

Di China GM menjual merk Buick dua kali lipat lebih banyak dibandingkan di China. Buick sangat di gemari di China.

GM memprediksi penjualannya akan terus naik, dan kalangan industri menilai hal itu bisa menggeser Toyota sebagai produsen otomotif terbesar di dunia.

“General Motor semakin kuat dan ini menjadi sinyal tegas kebangkitannya,” kata Yasuaki Iwamoto, auto analyst dari Okasan Securities Co di Tokyo.

Namun jurubicara GM, Tom Henderson mengatakan perusahaanya tidak fokus pada balapan dengan Toyota untuk menjadi nomer satu. “Keuangan yang sehat dan bisnis yang berkesinambungan yang memberi manfaat pada konsumen kami, pemegang saham dan pegawai menjadi yang terpenting,” katanya.

GM mencapai pertumbuhan dua digit di lima dari 10 pasar terbesarnya tahun lalu, termasuk China. Di Russia pasar GM tumbuh 12.4% dan 10.4% di Brazil.

Di Amerika Serikat, GM akan menambah shift jadi tiga shift di pabrik perakita pickup truck di Flint untuk memenuhi permintaan yang makin tinggi. Pasar pickup di Amerika Serikat tumbuh 16% menjadi 1.6 juta unit. Tahun lalu pabrik Flint memproduksi 115,000 pickup.

Diseluruh dunia, Toyota tetap memimpin dengan selisih yang sangat tipis yaitu 30,000 unit. Toyota berhasil menjual 8,42 juta unit ditengah tekanan pemberiataan recall yang luarbiasa. Di China, Toyota masih harus bekerja keras. Sepanjang 2010, Toyota menjual 846,000 unit atau naik 20%.Pencapaain itu melampaui target awal yaitu 800,000 u nit. Tahun 2011 Toyota menargetkan jual 900,000 unit. Laju pertumbuhannya lebih kecil dari tahun lalu, seiring indikasi pasar otomotif China akan melemah tahun ini.

Seretnya penjualan Toyota tidak bisa dilepaskan dengan kondisi hubungan kedua negara yang sering bersitegang. Berbeda dengan Amerika Serikat dimana citranya di mata konsumen China lebih baik.

Toyota mengakhiri posisi GM sebagai yang terbesar tahun 2007. Saat itu Toyota memproduksi sama banyak dengan GM yang sudah 76 tahun selalu terbanyak produksinya. Setahun kemudian Toyota tak tertahankan sebagai nomer satu sampai tahun 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s