Daihatsu bantu Toyota

Daihatsu bantu Toyota
Daihatsu Motor Co., akan mendorong produksi di Indonesia hingga mencapai 400,000 unit pada tahun ini untuk membantu Toyota Motor Corp., meningkatkan penjualan di negara-negara Asia Tenggara.

Menurut President Daihatsu, Koichi Ina, permintaan mobil di Indonesia terus meningkat, dan penting bagi Daihatsu untuk meningkatkan belanja modelnya bisa ingin meningkatkan produksi lebih lanjut.

Perusahaan yang berkantor pusat di Osaka ingin meningkatkan penjualan Indonesia hingga 25 persen yaitu menjadi 145,000 unit pada 2011 dari 115,000 unit tahun lalu. Pabriknya di Indonesia yang dikelola Astra-Daihatsu Motor akan meningkatkan produksnya menjadi 330,000 unit pada Mei tahun ini, dari 280,000 unit dan diharapkan bisa mencapai 400,000 unit pertahun.

Pengumuman ini hampir bersamaan dengan kabar diluncurkannya all-new Xenia-Avanza pada akhir tahun ini.

Produsen-produsen otomotif Jepang terus menambah kapasitas produksi di kawasan Asia Tenggara seiring tingginya pertumbuhan yang melebihi pasar-pasar yang sudah mapan seperti di Amerika Serikat dan Jepang.

Untuk meningkatkan pendapatanya, perusahaan yang 51% sahamnya di kuasai Toyota ini akan terus melakukan pemangkasan biaya dan meningkatkan penjualan di Jepang, Malaysia dan Indonesia, apalagi Daihatsu akan menarik diri dari Eropa karena kuatnya nilai yen menggerus profitnya di sana.

Di Jepang, Daihatsu akan meluncurkan minicar e:S pada paruh kedua tahun ini. Efisiensi nya bisa mencapai 30km/liter dengan mesin 660cc. Daihatsu juga akan memasok model ini untuk Toyota. Produksi akan dibatasi hanya 60,000 unit pertahun. Batas itu akan tetap dipertahankan, bahkan jika permintaannya jauh di atasnya.

Toyota tidak punya model dengan mesin 660cc ke bawah. Di Jepang, mobil tipe ini menguasai pangsa pasar hingga 33%, berdasarkan data Japan Automobile Dealers Association dan Japan Mini Vehicles Association.

Sementara Daihatsu akan menjual mobil hybrid dengan teknologi dari Toyota, termasuk teknologi mobil listrik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s