All-new Grandeur

Rentangan sayap All-new Grandeur
Hyundai meluncurkan generasi terbaru sedan premium Grandeur di Seoul, Selasa (18/1) dengan tampilan lebih anggun, peforma lebih trengginas dan fitur safety lebih lengkap. Hyundai memujinya sebagai sedan yang bisa memenuhi semua kebutuhan fungsional maupun emosional penggunanya.

Model yang disebut juga Azera itu sudah terjual lebih dari 1.25 juta unit (domestik 980,000 unit dan eksport 270,000 unit) sejak generasi pertama diluncurkan tahun 1986. Sejak Mei 2005 Grandeur adalah premium sedan paling populer di Korea Selatan.

Hyundai butuh waktu 3.5 tahun dan investasi 450 miliar Won untuk riset, pengembangan dan uji Grandeur baru ini. Proyek ini dikenal dengan nama sandi HG. Tujuannya, menciptakan sedan besa yang benar-benar beda yang bisa mengharmonisasikan disain sempurna, peningkatan peforma signifikan dan efisiensi bahan bakar, juga fitur safety terbaik dan sangat nyaman.

Disain Grandeur berangkat dari konsep Grand Glide yang menyiratkan tampilan seperti sayap yang kuat dan elegan. Gaya seperti itu juga merambat ke interiiornya seperti pada center console, instrument clusters, dan dashboard yang menyatur seperti sayap terentang lebar.

Dengan dimensi 4910 x 1860 x 1470 mm (p x l x t), dan wheelbase 2,845mm -65mm lebih panjang dari generasi sebelumnya, menjadikan interiornya paling lapang di kelasnya, selain stabilitas lebih baik. Grandeur hadir dengan dua pilihan mesin, Lambda II 3.0 GDI (270ps/31.6kg.m) dan Theta II 2.4 GDI (201ps/25.5kg.m). Keduanya dipasangkan dengan transmisi 6-speed matik.

Sistem safety di mulai dengan mencegah terjadinya kecelakaan. Karena itu Grandeur dilengkapi dengan teknologi safety terbaik yang ada saat ini, seperti VDC (Vehicle Dynamic Control), VSM (Vehicle Stability Management), TPMS (Tire Pressure Monitoring System) dan ESS (Emergency Stop Signal). Sistem pengereman juga di upgrade.

Jika sistem itu gagal mencegah benturan, ada sasis yang kuat yang bisa mennyerap dan mengalirkan energi benturan menjauh dari kabin penumpang. Sementara penumpang di interior di lindungi dengan sembilan airbag termasuk pelindung lutut. Untuk melindungi leher penumpang akibat benturan belakang, Grandeur dilengkapi dengan sistem sandaran baru.

Soal kemudahan dan kenyamanan, Grandeur dilengkapi Advanced Smart Cruise Control yang secara otomatis menjaga jarak aman dengan mobil di depanya dan dilengkapi fungsi stop-restart otomatis. Masih ada lagi, yaitu Smart Parking Assist System yang menggunakan sensor untuk mengukur ruang parkir paralel, dan mengontrol roda kemudi hingga bisa dikatakan mobil parkir secara semi-automatis. Dengan Electric Parking Brake, hand brake digantikan tombol.

Hyundai melengkapi pula dengan sistem telematika modern yang memungkinkan pemiliknya mengontak mobilnya lewat smart phone. Grandeur juga dilengkapi layar navigasi 8 inch, panorama sunroof, kursi kulit Nappa, langit-langit suede, kursi pengemudi yang bisa diatur ke 14 arah dan tombol-start yang di disain unik.

Hyundai berniat menjual 100,000 unit tahun ini, 80,000 untuk domestik dan sisanya eksport. tahun 2012, ketika Grandeur sudah diluncurkan di sejumlah negara, target penjualannya 120,000 unit/tahun. Harga di Korea 311.2 juta won – 390.1 juta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s