Senyum Alan Mulally

Senyum Alan Mulally, orang # 1 Ford Motor Co., makin lebar setelah menerima laporan 2011 Car Brand Perception Survey yang dirilis majalah konsumen Consumer Reports. Ford berhasil menempel ketat Toyota sang jawara yang baru bisa dilakukan saat ini.

Kendaraan buatan Toyota Motor Corp. tetap dianggap memiliki kualitas terbaik di bandingkan merek-merek lain. Total point yang diperoleh Toyota adalah 147 points.

Pencapaian ini juga mendapat apresiasi lebih karena sepanjang tahun ini Toyota terus mengalami tekanan karena sejumlah recall. Dampak dari recall yang di sorot secara luas oleh media di seluruh dunia ini terlihat dari hasil survei kali ini seperti di ungkapkan Consumer Reports. Hal itu terlihat dari selisih angka antara Toyota dengan Ford -yang berada di posisi kedua- sangat tipis hanya 3 point, padahal tahun lalu selisih keduanya cukup signifikan.

Namun Toyota, produsen otomotif terbesar di dunia ini memiliki keunggulan untuk memproduksi mobil-mobil ramah lingkungan yang membantunya tetap berada diposisi puncak. 

Ford mendapat nilai tinggi untuk value dan menjadi salah satu yang terbaik di kategori tingkat keselamatan, kualitas, dan environmentally friendly considerations.

Jurubicara Ford, Kristen Kinley mengatakan, hasil survei itu jadi bukti baru bahwa konsumen menyadari dan mrerespon kualitas yang built in dalam setiap kendaraan Ford. Kesenjangan antara kualitas sejati dari produk Ford dengan persepsi publik tentang kualitas itu makin dekat.

Dibawah Toyota dan Ford adalah produsen otomotif kedua terbesara di Jepang, Honda Motor Co. dengan meraih total nilai 121 point. DI posisi ke empat, salah satu merek terpenting General Motors Co.,  Chevrolet mendapat nilai 102. Duo merk mobil mewah Jerman, BMW dan Mercedes-Benz  berada di posisi ke lima dan enam dengan nilai masing-masing 93 dan 90. Urutan selanjutnya tetap di kuasi mobil-mobil mewah seperti Volvo (84), Lexus (69), Cadillac (66). Sementara wakil dari Jepang lainnya, Subaru mendapat nilai 50.
Dalam pernyataannya, Toyota mengungkapkan, dampak dari tantangan yang dihadapinya sepanjang 2010 akan mempengaruhi persepsi publik. “Kami memang menduga persepsi publik terhadap reputasi Toyota yang dikenal lama memiliki kualitas dan awet mungkin akan terpengaruh dalam jangka pendek. Namun indikator lainnya menunjukkan kami telah memulai lembaran baru dan bersiap-siap untuk kembali meraih posisi teratas dalam survei paling penting dan paling berpengaruh ini dalam waktu tidak lama.”
Menurut Consumer Reports, survei ini menilai persepsi konsumen dari sisi tingkat keselamatan, kualitas, value, peforma mobil, disain/gaya, teknologi/inovasi dan seberapa ramah terhadap lingkungan dari masing-masing merek mobil.
Survei dilakukan lewat telepon secara acak, dilakukan antara 2 – 6 Desember 2010 oleh Consumer Reports National Research Center. Survei ini mengontak 2,109 orang dewasa dan mengumpulkan data dari 1,721 orang dewasa yang dirumahnya memiliki setidaknya satu mobil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s