Ford Focus makin fokus di USA

Ford Focus cukup sukses di Eropa tapi tidak di Amerika Serikat. Cukup yakin dengan ketangguhan Focus generasi terbaru, Ford ingin memboyong masuk ke Amerika Serikat. Apalagi penguasa segmen yang akan dimasuk Focus, yaitu Toyota Corolla dan Honda Civic sudah mulai memasuki paruh umurnya.

Untuk memastikan Focus bisa diterima pasar, Ford membekalinya dengan fitur-fitur baru yang tidak ditemui di kompetitornya. MIsalnya disain grafis aneka pola yang bisa ditempelkan di bagian-bagian tubuh Focus. Ada 200 disain yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Terbuat dari bahan vinyl yang mudah dipasang dan dilepas.

Namun yang lebih berarti adalah aplikasi teknologi torque vectoring. Focus adalah model pertama Ford di Amerika Serikat yang mengaplikasikan teknologi ini. Orang Ford cukup bangga dengan teknologi ini yang disebut-sebut sebelumnya hanya ada dimobil-mobil mahal dan kini jadi fitur standar di semua Focus. Torque Vectoring ini sangat bermanfaat di jalan tikungan.

Apa sih Torque Vectoring itu? Dia secara aktif membagi tenaga penggerak pada kedua roda penggerak mobil untuk meningkatkan traksi dan peforma mobil. Bagaimana caranya, yang canggih dengan memanipulasi kerja gear gardan melalui sistem elektronk. Yang sederhana- seperti pada Focus- dengan mengerem sedikit roda yang berada di sisi dalam tikungan sementara di bagian luar tidak sehingga mendapat power lebih. Dengan cara ini, mobil bisa menikung lebih aman dan lebih cepat.

Dengan kelebihan itu, Focus kan memanjakan siapapun pengemudinya, yang jagoan makin happy, yang biasa-biasa makin pede.

Namun jika harus bekerja keras -jalanan berkelok-kelok dan mobil di paksa menikung cepat- ada kemungkinan sistem rem kepananasan, utamanya cakram/rotor, pad.

kate gw: moga-moga yang kayak ginian dibawa masuk kesini saat new gen Focus dipasarkan tahun depan….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s