Bayar denda tapi ngak ngaku salah

Toyota setuju membayar denda $32.4 juta, terdiri $16.375 juta karena dinilai gagal menginformasikan masalah yang terjadi pada penyelidik dan $16.05 juta karena membiarkan jutaan mobil yang pontensial bahaya dijalanan.

Denda ini menambah besar hukuman yang harus dibayar menjadi total $48.8 juta. Karena April lalu Toyota sudah membayar $16.4 juta karena menunda recall problem pada pedal gas. Ini adalah rangkaian denda tertinggi yang di ijinkan di keluarkan Dept. Transportasi AS. Belum ada pabrikan lain yang didenda sebesar ini.

Selain bayar denda Toyota juga sempat menghentikan penjualan 8 model, merecall jutaan mobil, dan membiuat pernyataan maaf di depan umun.

BoD Toyota di Jepang memang secara sukarela membayar denda itu, tapi tidak terima kalau dianggap melanggar aturan soal safety.

Sebelum Toyota, hukuman denda twrbesar dijatuhkan pada GM yaitu $1 juta karena menunda recall problem wiper.

Kate gw:
Sikap BoD itu mungkin karena memang sampai sekarang belum diketahui apa penyebab gejala mobil berakselerasi tanpa kendali yang jadi pokok persoalan. NHTSA sebagai pihak berwenang belum bisa memberikan hasil final yang menunjukkan Toyota salah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s